Kegiatan Kader Pengisian ASIK oleh Posyandu Program KEMENKES

  • Admin Desa Wonosari
  • Jan 22, 2024

 

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia telah memprogramkan kegiatan kader pengisian Aplikasi Sehat Indonesia Ku (ASIK) sebagai bagian dari upaya peningkatan layanan kesehatan masyarakat. ASIK adalah aplikasi yang dirancang untuk memfasilitasi kader kesehatan dalam melakukan registrasi dan input data.

Sumber dasar pengadaan ASIK berasal dari proses pengadaan barang dan jasa pemerintah, yang diatur dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (Perpres PBJ-2018) yang diperbarui dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun Perpres PBJ-202145. Pengadaan ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Setelah kegiatan Posyandu, kegiatan pengisian ASIK ini akan menjadi rutin Di desa Wonosari Tualan Hulu ini. Posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Kegiatan rutin setelah Posyandu meliputi imunisasi, penimbangan, pemeriksaan ibu hamil dan lain sebagainya. Dengan integrasi ASIK, kader kesehatan dapat lebih efisien dalam melakukan pencatatan dan pemantauan kesehatan masyarakat.

Dengan adanya program ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan kesehatan masyarakat, khususnya dalam pemantauan kesehatan ibu dan anak. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat membantu dalam upaya peningkatan status gizi dan kesehatan masyarakat.